Cara Menulis Rumus Excel Formula Excel


Cara Menulis formula excel atau rumus excel dapat langsung diketik pada alamat sel yang Anda inginkan dan selalu diawali tanda = (sama dengan). Sebagai ilustrasi, Anda dapat menghitung penambahan antara angka 1 + 8 pada sel Al. Prosedur pengerjaannya adalah sebagai berikut;

>    Tempatkan penunjuk sel (cell pointer) pada alamat sel Al
>    Ketik =1+8, diakhiri dengan menekan tombol Enter. Perhatikan kedua gambar berikut,

Pada saat Anda mengetik rumus excel pada sel Al, apa yang telah diketik akan tercetak pula pada formula bar (gambar sebelah kiri). Setelah Anda menekan tombol [Enter], hasil perhitungan tersebut tercetak pada alamat sel Al, sementara rumus yang diketik akan tetap terlihat apa adanya pada formula bar (gambar sebelah kanan).
Sedangkan untuk penulisan rumus atau perhitungan lain seperti perkalian, pangkat, pembagian, persentase atau gabungan atas berbagai macam operator dapat dilakukan dengan aturan yang telah ditentukan oleh Excel. Dimana Excel akan mengerjakan secara hirarkis (berurutan). Berikut ini tabel yang berisi berbagai operator beserta hierarki pengerjaannya:
Operator
Uraian
Contoh
Hasil
0
Mengelompokkan operasi matematik
=10+5*(6-2)
30
A
Pangkat
=10A2
100
*
Perkalian
=10*2
20
/
Pembagian
=50/2
25
4-
Penjumlahan
=5+10
15
-
Pengurangan
=14-4
10
%
Persen
=12*100%
12
&
Menggabung data bertipe teks
=”Kla”&”ten”
Klaten
Excel mengerjakan rumus mulai dari kiri ke kanan, dimulai dari simbol “=” (sama dengan). Namun demikian Excel tetap mengacu kepada urutan yang tetap, yaitu perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, dan akan mengerjakan yang berada dalam kurung terlebih dahulu.
Sebagai contoh =15+1 *(8-3), Excel akan mengerjakan nilai yang berada dalam kurung lebih dulu (8-3) yaitu 5, yang kemudian 5 dikalikan 1 yang berarti 5, untuk selanjutnya ditambah 15 sehingga hasilnya adalah 20.
Selain operator matematika perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan di atas, Excel juga menyediakan berbagai operator untuk keperluan pembanding yang dapat digunakan untuk membangun sebuah formula atau rumus seperti berikut ini;
Operator
Uraian
=
sama dengan
>
lebih besar
<
lebih kecil
>=
lebih besar atau sama dengan
<=
lebih kecil atau sama dengan
<>
tidak sama dengan
Demikian tadi cara Menulis Rumus Excel atau cara menulis Formula Excel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar