Cara Menulis Rumus Excel Formula Excel


Cara Menulis formula excel atau rumus excel dapat langsung diketik pada alamat sel yang Anda inginkan dan selalu diawali tanda = (sama dengan). Sebagai ilustrasi, Anda dapat menghitung penambahan antara angka 1 + 8 pada sel Al. Prosedur pengerjaannya adalah sebagai berikut;

>    Tempatkan penunjuk sel (cell pointer) pada alamat sel Al
>    Ketik =1+8, diakhiri dengan menekan tombol Enter. Perhatikan kedua gambar berikut,

Pada saat Anda mengetik rumus excel pada sel Al, apa yang telah diketik akan tercetak pula pada formula bar (gambar sebelah kiri). Setelah Anda menekan tombol [Enter], hasil perhitungan tersebut tercetak pada alamat sel Al, sementara rumus yang diketik akan tetap terlihat apa adanya pada formula bar (gambar sebelah kanan).
Sedangkan untuk penulisan rumus atau perhitungan lain seperti perkalian, pangkat, pembagian, persentase atau gabungan atas berbagai macam operator dapat dilakukan dengan aturan yang telah ditentukan oleh Excel. Dimana Excel akan mengerjakan secara hirarkis (berurutan). Berikut ini tabel yang berisi berbagai operator beserta hierarki pengerjaannya:
Operator
Uraian
Contoh
Hasil
0
Mengelompokkan operasi matematik
=10+5*(6-2)
30
A
Pangkat
=10A2
100
*
Perkalian
=10*2
20
/
Pembagian
=50/2
25
4-
Penjumlahan
=5+10
15
-
Pengurangan
=14-4
10
%
Persen
=12*100%
12
&
Menggabung data bertipe teks
=”Kla”&”ten”
Klaten
Excel mengerjakan rumus mulai dari kiri ke kanan, dimulai dari simbol “=” (sama dengan). Namun demikian Excel tetap mengacu kepada urutan yang tetap, yaitu perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, dan akan mengerjakan yang berada dalam kurung terlebih dahulu.
Sebagai contoh =15+1 *(8-3), Excel akan mengerjakan nilai yang berada dalam kurung lebih dulu (8-3) yaitu 5, yang kemudian 5 dikalikan 1 yang berarti 5, untuk selanjutnya ditambah 15 sehingga hasilnya adalah 20.
Selain operator matematika perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan di atas, Excel juga menyediakan berbagai operator untuk keperluan pembanding yang dapat digunakan untuk membangun sebuah formula atau rumus seperti berikut ini;
Operator
Uraian
=
sama dengan
>
lebih besar
<
lebih kecil
>=
lebih besar atau sama dengan
<=
lebih kecil atau sama dengan
<>
tidak sama dengan
Demikian tadi cara Menulis Rumus Excel atau cara menulis Formula Excel.

Keunggulan MS Excel

Keunggulan MS Excel dalam olah data angka sangat mengagumkan sehingga tidak mengherankan kalau Excel digunakan oleh sebagian besar pemakai komputer. Excel menyajikan banyak fasilitas dan kemudahan yang membantu Anda dalam kegiatan perhitungan excel, analisis excel, maupun presentasi dengan hasil yang spektakuler. Dalam hal perhitungan, mulai dari tingkat yang sederhana sampai ketingkat yang begitu kompleks, Excel mampu mengerjakan dengan baik melalui berbagai bentuk rumus excel atau formula excel maupun fungsi excel. Excel mempunyai lembar kerja yang dapat diisi dengan berbagai jenis data, di antaranya adalah:

>    label atau teks string yaitu mulai dari A sampai Z dan karakter khusus lainnya seperti #,@,~ dan lain-lain.

>    Numerik atau bilangan yaitu ditambahkan, dikurangkan, dibagi dan dikali.

>    Alfa numerik yaitu angka-angka yang tidak bemilai sehingga tidak dapat diperhitungkan.

>    Formula atau rumus, termasuk dalam kategori ini adalah referansi atau alamat sel lain atau function.

Dalam pembahasan buku ini kami lebih menitikberatkan pada aplikasi fungsi dan formula atau rumus yang terdapat pada Excel dalam bidang finansial. Formula excel atau rumus excel adalah alat untuk melakukan penghitungan atau kalkulasi terhadap suatu nilai yang terdapat pada sel tertentu, baik sel itu sendiri maupun sel yang lain. Perhitungan tersebut dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian, pangkat dan sebagainya. Formula excel dibentuk dari serangkaian nilai, alamat sel/range, operator maupun fungsi-fungsi Excel. Demikian tadi secara singkat gambaran keunggulan Excel.

Formula Fungsi Aplikasi Excel dalam Bisnis

Bab 1 microsoft excel dan keuangan bisnis. Bab ini membahas peran excel dalam memecahkan masalah-masalah bisnis. Bab ini juga berisi penjelasan tentang penggunaan buku ini.

Bab 2 memahami formula dan fungsi excel. Pada bab ini dibahas pengertian formula ataupun rumus beserta penjelasannya.

Bab 3 fungsi finansial dalam excel. Bab ini merupakan salah satu inti dari buku ini. Di sini dikupas tentang fungsi yang dimiliki excel dan analisis toolpak, dilengkapi dengan berbagai fungsi fmansial yang dimiliki excel.

Bab 4 aplikasi excel pada kasus surat berharga.

Bab ini secara khusus mengupas penggunaan fungsi finansial untuk perhitungan surat berharga.

Bab 5 aplikasi excel dalam menghitung suatu pinjaman. Bab ini membahas fungsi finansial untuk perhitungan angsuran pinjaman dengan berbagai sistem.

Bab 6 aplikasi excel dalam perencanaan keuangan. Bab ini khusus membahas aplikasi fungsi excel untuk perencanaan keuangan, seperti tabungan, deposito, angsuran, waktu pinjaman, dan sebagainya.

Bab 7 aplikasi excel dalam penyusutan aktiva.

Tetap. Mengupas penggunaan fungsi finansial untuk perhitungan penyusutan atau depresiasi aktiva tetap.

Bab 8 aplikasi excel dalam penilaian usulan suatu proyek. Materi yang dibahas dalam bab ini mengupas bagaimana excel dapat membantu memecahkan masalah dalam kaitannya dengan suatu usulan proyek

Fungsi MS Excel

Salah satu keunggulan paket program Microsoft Excel (selanjutnya disebut Excel) adalah dalam menyelesaikan berbagai persoalan bisnis yang sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan. Penggunaan program yang relatif mudah dan dapat dikuasai secara cepat serta dikenal secara luas menjadikan Excel sebagai altematif terbaik pemecahan masalah bisnis. Di dalam dunia usaha, bahasa komunikasi yang dominan dan efektif antarpelaku bisnis adalah mengonversi semua aset dalam satuan mata uang. Pengambilan keputusan bisnis tidak lepas dan dipengaruhi oleh faktor kuantitiatif finansial yang mengharuskan penggunaan program aplikasi pengolah data keuangan.

Fasilitas formula excel dan fungsi ms Excel finansial yang dimiliki ms Excel sangat menunjang untuk olah data finansial bagi kepentingan bisnis. Beragam fungsi finansial dapat diterapkan untuk perhitungan berbagai perma-salahan keuangan seperti perhitungan surat berharga, perhitungan pinjaman, perencanaan keuangan, penyusutan aktiva tetap, penilaian usulan proyek, dan lain-lain.

Penerapan fungsi excel secara terarah sangat menunjang efisiensi dan efektivitas dalam menyelesaikan permasalahan finansial secara cepat dan tepat.