Formula Excel Menghitung Angsuran Pinjaman


Pembayaran angsuran suatu pinjaman yang harus dibayar oleh peminjam dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah pokok pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan tingkat suku bunga yang berlaku. Besamya bunga pinjaman yang harus dibayar oleh peminjam dihitung berdasarkan sistem yang dipakai. Ada 3 sistem yang dipakai, yaitu:
1. Bunga tetap (flat),
2. Bunga menurun (sliding)
3. Bunga efektif.
Ketiga sistem bunga tersebut dapat dicari dengan menggunakan Excel. Untuk menghitung bunga dan angsuran pinjaman dengan sistem bunga efektif dilakukan dengan menggunakan fungsi finansial. Sementara untuk menghitung bunga dan angsuran pinjaman dengan sistem bunga tetap dan bunga menurun dapat dilakukan dengan membuat formula tersendiri.
Untuk lebih jelasnya berikut ini diuraikan tentang sistem bunga tersebut.
Perhitungan Bunga Tetap
Perhitungan bunga pinjaman dengan menggunakan constant payment mortgage menghasilkan angsuran pinjaman yang tetap dari periode ke periode (bulan). Di sini bunga dihitung tetap dari pokok pinjaman awal. Adapun rumus untuk menghitung bunga tetap adalah sebagai berikut:
= (SALDO PINJAMAN AWAL x BUNGA PER TAHUN) /12
Perhitungan Bunga Menurun
Perhitungan bunga pinjaman dengan metode sliding atau model adjusted rate mortgage akan menghasilkan bunga yang semakin menurun. Dengan demikian angsuran pinjaman dari periode ke periode juga terus menurun. Adapun rumus untuk menghitung bunga dengan sistem ini adalah sebagai berikut:
Perhitungan Bunga Efektif
Perhitungan besamya angsuran pinjaman dengan perhitungan bunga efektif adalah tetap (seperti sistem flat), tetapi cicilan pokok pinjaman menaik dan bunga per bulan menurun (seperti sistem sliding). Perhitungan angsuran pinjaman dengan metode ini berbeda dengan bunga tetap dan menurun. Excel telah menyediakan fungsi untuk menghitung bunga pinjaman, cicilan pokok pinjaman, pembayaran angsuran, bunga pinjaman kumulatif, dan cicilan pokok pinjaman kumulatif.
Membuat Tabel Angsuran Pinjaman
Anda dapat membuat tabel angsuran pinjaman dengan berbagai sistem bunga menggunakan Excel. Pembahasan materi berikut ini disertai dengan kasus dan penyelesaian. Sebagi pendukung disertakan juga penyelesaian kasus yang tersimpan dalam buku kerja Bab5 dan tersimpan dalam lembar kerja mulai KASUS 1, KASUS2, dan seterusnya. Untuk berlatih telah tersedia lembar kerja tersendiri yang telah disiapkan formatnya. Untuk KASUS 1, media berlatihnya adalah lembar kerja LATIH1 yang terletak di samping lembar kerja jawab kasus tersebut.
Untuk KASUS2, media berlatihnya adalah LATIH2. Demikian seterusnya. Dalam pembahasan kasus-kasus berikut ini diasumsikan bahwa komputer program Excel telah aktif.

Tabel Angsuran Pinjaman Bunga Menurun

Sebuah lembaga keuangan yang sedang berkembang ingin membuat tabel angsuran pinjaman dari kredit yang diberikan kepada nasabah. Tabel yang diinginkan oleh koperasi tersebut diharapkan memuat informasi antara lain tentang pokok pinjaman, cicilan pokok pinjaman, bunga, angsuran per bulan, dan saldo pokok pinjaman. Dalam tahap pertama koperasi tersebut ingin membuat tabel pinjaman dengan data seperti berikut:
> Bunga pinjaman ditetapkan sebesar : 15%
> Jangka waktu pinjaman : 12 bulan
> Jumlah pokok pinjaman : 175.000.0000
> Tanggal pinjaman : 2 Februari 2006
Dari data tersebut buatlah tabel angsuran pinjaman dengan sistem bunga menurun.
Penyelesaian
Jawaban penyelesaian kasus tersebut tersimpan dalam buku kerja Bab5 pada lembar kerja KASUS 1 seperti terlihat pada gambar berikut:

!AB 1 •
_ C
D
e
.....F
G
H
I
~
2 I
3 I
: 4 ;
5 j
6 : 7 !
9 •

ANGSURAN PINJAMAN PERHITUNGAN BUNGA MENURUN


Bunga Pinjaman PerTahun
15%




Janaka Waktu Pinjaman
12 hul<m
Pokok Pmiaman
175.000,000
Tanggal Pmiaman
IFeh-2006
HIM AN
M
l«l| AN
POM IK PINJAMAN
n< ii an
l»< »h'»K PINJAMAN
EM <N<jJV
ANiiSIIFtAN j
Pl« BULAN .pjNJflMSN

10 :
1
Feb 2006
175.000,000
14,583,333
2.1 87,500
16,770.833
1160.416.667

11
2
Mar 2006
160.416,667
14,583,333
2,005,208
16.588,542
1145.833.333

12 :
3
Apr 2006
145,833,333
14,583,333
1.822,917
16,406,250
1131,250.000

13 >
4
May 2006
131.250.000
14,583,333
1.640,625
16.223.958
1116,666.667

! 14 :
5
Jun 2006
116.666,667
14,583,333
1.458,333
16,041.667
1102,083,333

! 15
6
Jul 2006
102.083,333
14.583,333
1.276,042
15,859,375
j 87.500,000

: 16
7
Aug 2006
87,500,000
14,583,333
1,093.750
15,677,083
! 72.916.667

' 17
8
Sep 2006
72.916,667
14,583,333
911.458
1 5,494.792
I 58,333.333

18
g
Oct 2006
58.333,333
14.583,333
729,167
15,312.500
I 43,750.000

19
10
Nov 2006
43,750,000
14.583,333
546.875
15.130,208
! 29,166,667

: 20 :
11
Dec 2006
29.166,667
14,583,333
364,583
14,947.917
! 14,583.333

21
12
Jan 2007
14,583,333
14,583,333
182,292
14,765,625
0

22







,
< ►
n\KASUS1/|« I





>1
Keterangan:
> Bulan ke-1 (CIO). Gunakan fungsi IF dengan ketentuan jika Jangka Waktu Pinjam (F5) = 0, biarkan sel kosong. Jika tidak, isi dengan angka 1. Dengan demikian sel CIO diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(F5=0,"",1)
> Bulan ke-2 (Cll). Gunakan fungsi IF dengan ketentuan jika Bulan ke-1 (CIO) kosong, maka isi sel tersebut kosong. Jika Jangka Waktu Pinjam (F5) lebih besar atau sama dengan isian pada Bulan ke 1 (CIO), maka sel Cll diisi dengan angka pada Bulan ke 1 (CIO) ditambah 1. Jika tidak, alamat sel Cll dikosongkan. Dengan demikian sel Cll diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C 10=" ",IF(F$5>=C 10+1 ,C 10+1," "))
Untuk bulan selanjutnya, kopi fungsi tersebut ke bawah sampai sel C21 (bulan ke-12).
> Nama Bulan pertama (DIO). Gunakan fungsi IF dengan ketentuan jika bulan ke-1 (CIO) kosong, maka sel tersebut dikosongkan. Jika tidak maka isi dengan sel F7.
=IF(C10="","",F7)
> Nama Bulan ke-2 (DI 1) diisi jika alamat sel B11 tidak kosong. Gunakan fungsi EOMONTH, dengan bentuk penulisan fungsi:
=EOMONTH(start_date;months)
Di mana:
■ start date diisi tanggal pinjam (F7)
■ month diisi urutan pembayaran bulan sebelumnya
(CIO).
Dengan demikian sel DI 1 diisi dengan fungsi sebagai berikut: =IF(C 11=" "" ,EOMONTH(F$7,C 10))
Untuk bulan selanjutnya, kopi rumus tersebut ke bawah sampai sel D21.
> Pokok pinjaman Bulan ke-1 (E10) diisi jika alamat sel CIO tidak kosong dengan ketentuan sama dengan Pokok Pinjaman pada alamat sel F6. Dengan demikian sel E10 tersebut diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C10="","",F6)
> Pokok Pinjaman Bulan ke-2 (Ell) diisi jika alamat sel Cl 1 tidak kosong dan diisi dengan Saldo Pokok Pinjaman bulan sebelumnya (110). Dengan demikian sel Ell diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C11="","",I10)
Untuk pokok pinjaman bulan berikutnya, kopi rumus tersebut ke bawah sampai sel E21.
> Cicilan Pokok Pinjaman Bulan ke-1 (F10) diisi jika alamat sel CIO tidak kosong. Rumus untuk mengisi berdasarkan perhitungan Pokok Pinjaman (F6) dibagi Jangka Waktu Pinjam (F5). Dengan demikian sel F10 diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C10="","",F$6/F$5)
Untuk cicilan pokok pinjaman bulan selanjutnya, kopi fungsi tersebut ke bawah sampai sel F21.
> Bunga Pinjaman Bulan ke-1 (G10) diisi jika alamat sel CIO tidak kosong dan diisi dengan hasil perkalian antara Pokok Pinjaman (E10) dengan Bunga Pinjaman per Tahun (F4) dan selanjutnya hasilnya dibagi dengan angka 12. Dengan demikian sel G10 diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C 1 o="","",(E 10*F$4)/12)
Untuk bunga pinjaman bulan selanjutnya, kopi rumus tersebut ke bawah sampai sel G21.
> Angsuran Per Bulan untuk Bulan ke-1 (H10) diisi jika alamat sel CIO tidak kosong. Sel H10 diisi dengan hasil penjumlahan data Cicilan Pokok Pinjaman (F10) dengan Bunga (G10). Dengan demikian sel ini diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C 10=""" ,F 10+G10)
Untuk angsuran bulan selanjutnya, kopi rumus tersebut ke bawah sampai sel H21.
> Saldo Pokok Pinjaman Bulan ke-1 (110) diisi jika alamat sel CIO tidak kosong, diisi Pokok Pinjaman (F6) dikurangi dengan Cicilan Pokok Pinjaman yang dimulai dari alamat sel F10. Dengan demikian sel 110 diisi dengan fungsi sebagai berikut:
=IF(C10="","",F$6-SUM(F$10:F10))
Untuk saldo pokok pinjaman bulan selanjutnya, kopi rumus tersebut ke bawah sampai sel 121.
Cara pengerjaan seperti di atas adalah untuk membuat tabel dengan format conditional sampai 12 bulan. Dengan langkah penyelesaian seperti kasus tersebut, jika Anda menginginkan perubahan jumlah bulan di bawah jumlah bulan yang Anda buat (dalam kasus ini 12 bulan), maka Excel secara otomatis akan menampilkan tabel tersebut sesuai dengan jumlah bulan yang Anda kehendaki. Misalnya Anda ingin mengubah periode pinjaman menjadi 10 bulan, maka Anda tinggal mengganti isi sel yang terdapat pada alamat sel F5 (jangka waktu pinjaman) menjadi angka 10. Hasilnya akan nampak seperti terlihat pada gambar berikut:

AB
1
C D E
............F......
G H I
2
ANOGURAN PINJAMAN
3
PERHITUNGAN BUNGA MENURUN
4 :
Bunga Pinjaman PerTahun
15’«

5 ;
Jangka Waktu Pinjaman
10 IhiUiii

6 :
Pokok Piniaman
175.000.000

7 I
Tanggal Pinjaman
1 Felr-200<>

9
BULAN POKOK KE ^ PINJAMAN
CIOL.AM
POKi
PINJAMAN
diims-a l ANIiSURAN 0^,^? BUNGA jppR pm Hfj I POKOK PFR BULAN pwJAM
Dari gambar tersebut terlihat bahwa Excel menampilkannya sesuai dengan jumlah bulan atau lama pinjaman (dalam hal ini 10 bulan). Jadi apakah anda sudah bisa Menghitung Angsuran Pinjaman

6 komentar:

  1. Membuat daftar angsuran dengan program - POS Finance Tools SL2Download Software Untuk Kredit Barang & Finance POSFT - Sudah support : Anuitas, Flat, Sliding, Floating. Lengkap dengan grafik. Lengkap dengan petunjuk penggunaan dan VIDEO TUTORIAL.

    BalasHapus
  2. meminjamkan kesaksian untuk Anda apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Best Desse desember

    BalasHapus
  3. blog pada komentar komentar pinjaman. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  5. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  6. Saya menandai webster dengan nama saya seorang petugas polisi dan saya tinggal di tenggara kentucky di A.S., Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang-orang menipu saya dengan uang saya. Saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali suatu hari ketika saya tidak bertugas, saya memutuskan untuk melihat lagi kali ini untuk perusahaan sejati yang memberikan pinjaman. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY dan banyak lagi orang-orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah sejumlah $ 6.000.000,00 yang saya ajukan dari perusahaan ini dan mereka memberi tahu saya semua yang perlu dilakukan saya mempercayai mereka dan saya melakukan apa mereka menyuruh saya melakukannya dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman, saya tidak pernah mempercayai mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerimanya pinjaman saya belum dan saya berkata Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan, saya patuhi dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya dengan terkejut ketika sampai di sana saya melihat pinjaman $ 6,000,000.00 di akun saya uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya ore adalah $ 1,000,000.00 dan sekarang saya menemukan $ 7,000,000.00 sebagai pulsa uang saya dan pinjaman saya adalah $ 7,000,000.00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan sedikit waktu saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui mail markwebster023@gmail.com atau menghubungi perusahaan melalui alamat surat karinarolandloancompany@gmail.com, salam +1585 708-3478 salam.

    BalasHapus