Fungsi PV (present value) Excel


Fungsi PV (present value) atau nilai kini suatu investasi digunakan untuk nilai uang yang disimpan pada saat ini dengan tingkat bunga tertentu untuk menghasilkan nilai uang di masa yang akan datang.Fungsi PV ms excelmempunyai bentuk penulisan sebagai berikut: =PV(rate;nper;pmt;fv;type) Di mana: > Rate tingkat suku bunga simpanan per tahun. > Nper j angka waktu simpan (tahun atau bulan). > Pmt atau payment, nilai pembayaran. > Fv atau future value, nilai yang akan datang (nilai yang dikehendaki). > Type tipe pembayaran. Kasus: Tuan Agus merencanakan untuk menabung sejumlah uang selama 5 tahun. Tingkat suku bunga simpanan yang berlaku saat ini 18% per tahun dan diasumsikan konstan. Dia mengharapkan jumlah tabungannya akan menjadi 70.000.000,- (tahun ke 5) dan tipe pembayaran adalah jenis 1. Dari data tersebut, hitung jumlah uang yang harus ditabung oleh Tuan Agus untuk mencapai jumlah tersebut? Penyelesaian: Jawaban penyelesaian kasus tersebut tersimpan dalam buku kerja Bab3 pada lembar kerja PV seperti nampak pada gambar berikut:
A
B.........
........... C
.............D ......
.............E
F
A
2

PENERAPAN FUNGSI PV


3





4 ;
5
6
MENGHITUNG NILAI UANG YANG DISIMPAN PADA SAAT INI DENGAN TINGKAT BUNGA TERTENTU UNTUK MENGHASILKAN NILAI UANG DI MASA YANG AKAN DATANG.

7





8
TIIIGKAT suku BUNGA
JAHGKA WAKTU SIMPAN
NILAI
PEMBAYARAN
NILAI YAIIG AKAN DATANG
TIPE
PEMBAYARAN

9
RATE
NPER
PMT
FV
TYPE

10 :
18.0%
5
0
70,000,000
1

11 1 12





13
NILAI UAtIG YANG HARUS DITABUNG
30,507,645


14 1 i
► H \ PVild

1


in
Jumlah uang yang harus ditabung Tuan Agus (D13) diisi dengan fungsi sebagai berikut: = PV(B10,C10„E10). Jika langkah Anda benar maka akan menghasilkan nilai yang harus ditabung Tuan Agus sebesar 30.597.645 seperti nampak pada gambar di atas Fungsi PV ms Excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar