Fungsi untuk Menjumlahkan Isi Sel MS Excel


Yang dimaksud fungsi MS Excel adalah rumus (formula) siap pakai yang disiapkan oleh Excel. Fungsi ini dapat dipakai sesuai dengan keperluan perhitungan.

Anda dapat menjumlahkan isi sel dengan cara menulis rumus tersebut ke alamat sel yang akan ditempati hasil perhitungan tersebut dari masing-masing sel. Misalnya Anda akan menjumlahkan Total hasil perhitungan di atas dan ditempatkan di sel FI3. Maka sel F13 diisi rumus =F3+F4+F5+F6+F7+F8+F9+F10+F11+F12. Namun penulisan dengan cara ini akan sangat panjang dan merepotkan.

Untuk menghindari penulisan rumus yang panjang, Anda dapat meman-faatkan fungsi yang disediakan oleh Excel. Fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan nilai yang terdapat pada sekumpulan sel (range) adalah =SUM(...). Tanda titik-titik yang berada di dalam kurung adalah alamat sel yang isinya akan dijumlah. Dengan demikian sel FI3 dapat diisi fungsi sebagai berikut:

=SUM(F3:F12)

Hasilnya akan nampak seperti gambar berikut:
F13
>
  =SUM(F3:F12)
 
A
1 ;
JB,.......
..............C.....■
D...............
E
  G
2
No.
Nama
Jumlah
Harqa
Total
 
3 ;
1
Baranq A
1
50
50
 
4
2
Barang B
3
100
300
 
5
3
Baranq C
5
150
750
 
6
4
Baranq D
1
200
200
 
7 i
5
Baranq E
3
250
750
 
8 !
6
Baranq F
5
300
1 ,500
 
9 I
7
Baranq G
1
350
350
 
10 i
8
Baranq H
3
400
1 .200
 
11 I
9
Baranq I
4
450
1 ,800
 
12
10
Baranq J
2
500
1 .000
 
    Jumlah
!
7.900
 
14 I
         
Dari gambar tersebut terlihat bahwa hasil dari perhitungan tersebut adalah nilai 7.900. Jadi begitulah Rumus MS Excel atau Formula MS Excel atau Fungsi untuk Menjumlahkan Isi Sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar