Menulis Fungsi MS Excel


Menulis Fungsi MS Excel dapat dipakai dengan memasukkannya ke dalam formula, baik pada lembar kerja langsung maupun pada macrosheet. Bentuk penulisan fungsi harus diikuti sesuai aturan Excel. Apabila susunan penulisannya salah maka Excel akan menampilkan pesan Error.
Adapun bentuk dasar penulisan suatu fungsi adalah sebagai berikut:
Penulisan diawali dengan tanda = (sama dengan) apabila fungsi tersebut terdapat di awal formula, sedangkan jika formula berada di tengah tidak perlu dengan awalan =. Perhatikan bentuk penulisan fungsi yang terdapat pada gambar berikut:
Kurung Pengapit
Nama Fungsi
=LEFT(A1:3)
Arm trnpn 7
Tanda baca (koma atau titik koma) pemisah antar argumen (tergantung setting komputer yang digunakan) dalam menulis Fungsi MS Excel.
Aturan Penulisan Fungsi MS Excel
1.    Jika suatu fungsi berada di depan suatu formula maka harus diawali dengan simbol “=” (sama dengan), kecuali fungsi tersebut terletak di tengah sebuah fungsi atau rumus.
2.    Tanda kurung pengapit yang berupa kurung buka dan kurung tutup sebagai pembatas argumen harus beijumlah sama.
3.    Argumen selalu diapit dengan tanda kurung (buka dan tutup).
4.    Pemisah antar argumen berupa tanda baca koma (,) atau titik koma (;) - tergantung setting yang ditetapkan pada komputer.
5.    Perlu diketahui bahwa penulisan fungsi maksimal 1.024 karakter, termasuk tanda “=” (sama dengan, nama fungsi, tanda kurung, operator, argumen, dan pemisah argument).
6.    Penulisan nama formula menggunakan huruf besar
Penulisan Fungsi Berganda
Argumen dalam suatu fungsi dapat berupa unsur-unsur seperti yang telah disebutkan di atas, namun juga dapat berupa hasil dari suatu fungsi yang lain. Dengan demikian penulisan suatu fungsi dapat lebih dari satu atau berganda. Excel dapat membuat tujuh fungsi berganda. Berikut adalah salah satu contoh penulisan fungsi berganda;
=SQRT (ABS(-9))
Fungsi utama dalam fungsi ini adalah SQRT sedangkan ABS (absolute) merupakan argumen dari fungsi utama.
Nah apakah anda sudah paham dengan Penulisan Fungsi MS Excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar