Membuat Deret Data dengan Fill Handle MS Excel


MS Excel menyediakan fasilitas untuk membuat suatu data berurut. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini:

##gambar##

Anda dapat membuat data berurut, misalnya data urut mulai dari 1 sampai dengan 10, ditempatkan mulai dari sel B2 sampai Bll. Anda tidak usah menulis satu per satu data tersebut. Adapun cara pembuatan data tersebut adalah sebagai berikut:

>    Tuliskan angka 1 pada sel B2.

>    Selanjutnya arahkan penunjuk mouse pada fill handle dan geser (drag) sampai dengan sel B11.

>    Lepas mouse sehingga akan menghasilkan urutan standar seperti pada gambar di atas. Excel menampilkan fasilitas Auto Fill Options Smart Tags, yang berfungsi untuk memilih perintah pada saat membuat rangkaian data. Selanjutnya klik drop-down dan pilih Fill Series.

Jika Anda menempatkan angka 1 dan 3 pada range B1:B2 dan memilih Copy Cells, hasilnya 1,3,1,3,1,3,1,3,1,3. Sedangkan jika hanya mengisi angka 1 pada sel Bl, hasilnya adalah: 1,1,1,1,1,1,1,1,1,1. Fungsi menu selengkapnya adalah sebagai berikut:
Menu
Uraian
Copy Cells
Digunakan untuk menyalin angka sampai dengan posisi sel terakhir Anda menempatkan fill handle.
Fill Series
Untuk membuat deret angka sampai dengan posisi sel terakhir penempatan fill handle.
Fill Formatting Only
Untuk menyalin format yang terdapat dalam suatu sel atau range sampai dengan posisi sel terakhir penempatan fill handle.
Fill Without  Formatting
Untuk membuat deret angka tanpa menyalin format sampai dengan posisi sel terakhir penempatan fill handle.
Perhatikan contoh penerapannya melalui gambar-gambar berikut ini. Pilihan Copy Cells
 Pilihan Fill Without Formating

Angka pada contoh di atas adalah 1 dan 3 sehingga deret yang dihasilkan adalah 1, 3, 5, dan seterusnya. Jika angka dimulai dari 1 dan 4, hasilnya adalah 1, 4, 6, dan seterusnya. Deret tersebut tidak hanya untuk bilangan kecil ke besar melainkan bisa juga dari besar ke kecil (negatif) dengan kelipatan bebas atau interval yang Anda tentukan (bebas).

Selain bilangan, Excel memungkinkan Anda untuk membuat teks dan seri angka yang kemudian dapat dibuat deret. Misalnya Anda akan membuat deret suatu kendaraan dengan nomor urut dari satu sampai dengan 10 dengan urutan pertama diletakkan disel B3 sampai B12.

Langkah penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

>    Letakkan pointer pada alamat sel B3 dan ketik Kendaraan 1.

>    Geser fill handle hingga sel B12.

>    Lepas mouse. Hasilnya akan nampak seperti gambar berikut:
2
 
3
Kendaraan 1
'4
Kendaraan 2
5
Kendaraan 3
G
Kendaraan 4
7 i
Kendaraan 5
8
Kendaraan 6
9
Kendaraan 7
10
Kendaraan 8
11
Kendaraan 9
12 :
Kendaraan 10
Selain deret di atas, nama hari dan bulan juga dapat dibuatkan. Prosedur pembuatan deretnya hampir sama dengan prosedur di atas. Anda cukup menulis hari pertama atau bulan pertama untuk dasar dimulainya suatu deret dam selanjutnya dapat dilakukan langkah dengan prosedur seperti di atas. Sebagai contoh, Anda akan membuat deret hari mulai dari Sunday (bahasa Inggris) yang diletakkan di sel C3 sampai sel C9 dan deret bulan yang dimulai dari January dan diletakkan di sel D3. Untuk membuat kedua deret tersebut, di sel pertama masing-masing ditulis hari awal dimulainya deret pertama dan bulan pertama dimulainya deret pertama. Selanjutnya dapat dilakukan pembuatan deret seperti langkah yang telah disebutkan sebelumnya.

Perhatikan hasil pembuatan deret pada gambar berikut;
A b
......C
D
2
No
Hari
Bulan
3 i
1
Sunday
January
A
2
Monday
February
5
3
Tuesd ay
March
6
4
We dnesd ay
April
7
S
Thursday
Mav
s i
6
Friday
June
s
7
Saturday
July
lO !
8
  August
1 1 :
&
  Septembe
12
1 O
  ; October
13 :
1 1
  Novembei
14    i
15
1 2
  Decembe
Contoh tersebut menunjukkan bahwa untuk nama hari dan bulan Anda dapat menggunakan bahasa Inggris. Anda juga dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan proses penyelesaian yang sama. Jadi demikian tadi cara  Membuat Deret Data dengan Fill Handle MS Excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar